Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Selamat datang di Citus MKRPL Kota Jogjakarta Unit Rumah Perkotaan di Kadipaten - Kraton

MKRPL-KOTA JOGJA

M-KRPL KOTA JOGJA adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai penyelenggara program tersebut. MKRPL diselenggarakan sebagai rintisan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional. MKRPL juga sebagai wahana belajar petani dan masyarakat untuk mendukung pembangunan pertanian kota. MKRPL Kota merupakan kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta T.A.2012, kegiatan ini dapat terwujudkan berkat kerjasama instansi terkait dan partisipasi langsung Kelompok Tani Dewasa "Kencana Asri".


TERIMA KASIH

Hidup Pemerhati Pertanian
Indonesia

Selasa, 17 Juli 2012

KUNJUNGAN MENTERI PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA


Rabu, 11 Juli 2012 KTD. Kencana Asri sebagai motor penggerak Model Kawasan Rumah Pangan Lestari Kota Jogjakarta unit Kadipaten mendapat kehormatan kunjungan Menteri Pertanian Republik Indonesia Ir. Suswono, MMA. Berkat kegigihan dan kerja keras para anggota kelompok KTD Kencana Asri mendapat apresiasi Menteri pertanian karena telah berhasil membangun sebuah Model KRPL yang harapan kedepan menjadi contoh bagi KRPL wilayah lain. Menteri Pertanian dalam kunjungan nya menyampaikan pesan kepada kelompok untuk mengoptimalkan lahan pekarangan sehingga tidak ada pekarangan yang tidak dimanfaatkan untuk budidaya sayuran. Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan yang telah ditekuni tersebut terus dikembangkan sehingga menjadi kegiatan yang selain untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga, juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi keluarga, serta menyarankan selain budidaya ikan lele, kelompok agar berternak kelinci, karena ternak kelinci merupakan ternak yang mudah dipelihara dan cepat berkembang biak. Ternak kelinci selain menghasilkan daging juga sebagai sumber pupuk organik untuk pupuk tanaman sayuran yang diusahakan. Demikian juga dalam hal penyemaian benih sayuran, Bapak Menteri pertanian menyarankan kepada kelompok untuk menggunakan bahan yang mudah diperoleh dan ramah lingkungan contohnya menggunakan daun pisang. Penyemaian dengan daun pisang memiliki kelebihan, yaitu saat memindah ke polybag media semai tidak perlu dibongkar tetapi langsung dibenam dalam tanah.

Kunjungan Bapak Menteri Pertanian bagi KTD. Kencana Asri juga merupakan momen yang tepat karena kebetulan sayuran yang dibudiaya siap dipanen dan merupakan panen untuk yang pertama Kebun Bibit Kawasan (KBK). Sehingga kehadiran Bapak Menteri Pertanian sekaligus dimanfaatkan untuk acara launching dan panen perdana KBK. Beliau berkenan secara simbolik memetik sayur terong, tomat dan cabai yang berada di KBK. Setiap even kunjungan Beliau selalu memotivasi dan menyatakan bangga pada kelompok terhadap hasil yang memuaskan.

Selain itu Beliau juga berkenan menyaksikan proses pembuatan rengginang yang diusahakan kelompok, serta mencicipi beberapa produk hasil olahan kelompok. (Intanari).

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow wow hebat amat sampai dikunjungi Menteri Pertanian? Jadi penasaran pingin lihat MKPRL Jogja nih...

Unknown mengatakan...

Terima kasih, silahkan dengan tangan terbuka kami mengharap kehadiran anda di KBK MKRPL Jogja Unit Kadipaten

lia mengatakan...

klo berkunjung kesitu bisa setiap saat kah? atau ada hari khusus?

Posting Komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel blog kami disini....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews