Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Selamat datang di Citus MKRPL Kota Jogjakarta Unit Rumah Perkotaan di Kadipaten - Kraton

MKRPL-KOTA JOGJA

M-KRPL KOTA JOGJA adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai penyelenggara program tersebut. MKRPL diselenggarakan sebagai rintisan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional. MKRPL juga sebagai wahana belajar petani dan masyarakat untuk mendukung pembangunan pertanian kota. MKRPL Kota merupakan kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta T.A.2012, kegiatan ini dapat terwujudkan berkat kerjasama instansi terkait dan partisipasi langsung Kelompok Tani Dewasa "Kencana Asri".


TERIMA KASIH

Hidup Pemerhati Pertanian
Indonesia

Kamis, 26 Juli 2012

PENYEMAIAN BUNGA KOL DENGAN MEDIA DAUN PISANG

Pada waktu Bapak Menteri Pertanian RI berkunjung ke Kebun Bibit Kawasan MKRPL Unit Kadipaten, beliau berpesan agar dalam penyemaian benih sayur menggunakan bahan yang mudah diperoleh dan ramah lingkungan yaitu dengan menggunakan daun pisang. Menurut beliau penyemaian dengan media daun pisang memiliki kelebihan yaitu saat memindah bibit ke polybag, bibit tanaman yang ada di media semai tidak perlu dibongkar, tetapi bisa langsung dibenam ke dalam tanah.
Pesemaian bunga kol umur 1 HST
'

Pesemaian bunga kol berumur 4 HST

Menindaklanjuti anjuran Bapak Menteri Pertanian, anggota Kencana Asri sebagai pengelola KBK mencoba menyemai benih dengan media semai dari daun pisang. Keuntungan menggunakan media daun pisang telah dirasakan kelompok, selain bahan yang mudah di dapat di sekitar lokasi KBK, pengerjaannya pun mudah, dan yang paling mengesankan adalah benih yang ditanam lebih cepat tumbuh. Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Pengelola KBK yaitu melakukan penyemaian bunga kol dengan dua media yang berbeda terbukti bahwa penyemaian dengan daun pisang lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan penyemaian lontong plastik. Pada tanggal 20 Juli 2012 benih disemai dan dilakukan pengamatan pertumbuhan benih, pada tanggal 24 Juli 2012 benih yang disemai pada media daun pisang sudah 100% tumbuh, sedangkan yang disemai dengan lontong plastik benih belum semuanya tumbuh. (intanari)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel blog kami disini....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews