Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Selamat datang di Citus MKRPL Kota Jogjakarta Unit Rumah Perkotaan di Kadipaten - Kraton

MKRPL-KOTA JOGJA

M-KRPL KOTA JOGJA adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai penyelenggara program tersebut. MKRPL diselenggarakan sebagai rintisan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional. MKRPL juga sebagai wahana belajar petani dan masyarakat untuk mendukung pembangunan pertanian kota. MKRPL Kota merupakan kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta T.A.2012, kegiatan ini dapat terwujudkan berkat kerjasama instansi terkait dan partisipasi langsung Kelompok Tani Dewasa "Kencana Asri".


TERIMA KASIH

Hidup Pemerhati Pertanian
Indonesia

Selasa, 28 Agustus 2012

Mari bercocok tanam

Keterbatasan lahan terkadang menghalangi niat kita untuk berkebun di rumah. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berkebun di rumah.
Kita bisa membangun kebun mini dengan sistem vertikultur atau bertingkat dan menggunakan pot maupun polybag. Bukan hanya sayur mayur saja, padi atau jagung pun bisa ditanam di pot maupun di polybag.
Sesuaikan jenis sayuran yang ingin ditanam dengan alam setempat. Daerah dataran rendah seperti Jakarta dan jogjakarta, tentu tidak mungkin ditanami sayur-sayuran untuk dataran tinggi seperti kentang, wortel, ataupun kubis. Kalau dipaksakan bisa saja tapi hasilnya tentu tidak akan maksimal.
Benih tanaman bisa dibeli di toko pertanian atau supermarket. Biar lebih semangat, untuk pemula bisa menanam sayuran yang mudah ditanam juga singkat masa panennya seperti kangkung, cabai, dan tomat.
Soal pupuk dan pestisida organik, bisa dibuat dari bahan-bahan yang terdapat di rumah. Pupuk misalnya, bisa dibuat dari kulit pisang yang dicincang lalu dipendam di sekitar tanaman. Sedangkan pestisida organik dibuat dari campuran cabai rawit dan bawang putih yang diblender kemudian direndam semalaman dengan 1 liter air.
Mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi, mari berkebun ! 
(intan ari) (Sumber : Intisari November 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel blog kami disini....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews