Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Selamat datang di Citus MKRPL Kota Jogjakarta Unit Rumah Perkotaan di Kadipaten - Kraton

MKRPL-KOTA JOGJA

M-KRPL KOTA JOGJA adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai penyelenggara program tersebut. MKRPL diselenggarakan sebagai rintisan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional. MKRPL juga sebagai wahana belajar petani dan masyarakat untuk mendukung pembangunan pertanian kota. MKRPL Kota merupakan kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta T.A.2012, kegiatan ini dapat terwujudkan berkat kerjasama instansi terkait dan partisipasi langsung Kelompok Tani Dewasa "Kencana Asri".


TERIMA KASIH

Hidup Pemerhati Pertanian
Indonesia

Selasa, 28 Agustus 2012

Tim M-KRPL BPTP Yogyakarta Kembangan Sayuran Vertikultur di Perkotaan

Pengembangan pertanian tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di perdesaan, tetapi juga oleh masyarakat yang bermukim di perkotaan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia. Sayangnya potensi pembinaan bagi masyarakat perkotaan lebih sering diarahkan kepada pengembangan komoditas tanaman hias, karena konsumen tanaman hias sebagian besar memang terdapat di perkotaan. Sesungguhnya dikawasan perkotaan juga terdapat kelompok-kelompok tani yang bisa dibina untuk pengembangan komoditas pertanian lainnya, antara lain tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga (biofarmaka), namun dalam penerapannya perlu disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat.



Tantangan yang dihadapi untuk pengembangan pertanian di wilayah perkotaan antara lain keterbatasan lahan, keterbatasan pengetahuan dan teknologi, keterbatasan waktu yang bisa dicurahkan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah keterbatasan media tanam. Sebagian masyarakat yang tinggal diperkotaan ada yang harus “membeli tanah” untuk diolah menjadi media tanam. Hal ini juga dialami oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekarsari kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta yang saat ini sedang mengembangkan tanaman sayuran secara vertikultur. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) yang dirintis Badan Litbang Pertanian. Pembinaan inovasi teknologi dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta dengan membentuk Team M-KRPL Kota Yogyakarta. “Kami ini tuan tanah…. yang berani membeli tanah dengan harga enam ribu rupiah per karung”. Gurau ketua KWT Mekarsari Ibu Nurul Baniah sambil tertawa.

Bertanam sayuran yang merupakan kegiatan inti dari program M-KRPL dipandang cukup menarik dan sesuai dengan kondisi umum masyarakat perkotaan. Sayuran adalah komoditas yang dibutuhkan setiap hari untuk konsumsi dan sumber gizi keluarga, sehingga pengembangannya dapat menghemat uang belanja. Bila ditekuni secara serius pengembangan sayuran juga dapat menjadi tambahan pendapatan keluarga maupun kelompoktani.

Sayuran terdiri dari berbagai jenis yang sangat bervariasi, banyak pilihan yang tidak membosankan, sehingga sangat strategis untuk memelihara motivasi anggota kelompok tani dalam bercocok tanam secara berkesinambungan. (H Rudy)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

manteb.... salut

Unknown mengatakan...

permisi ya gan
okeyprofits
saya sudah coba dan rasakan keuntungannya
sekarang giliran anda untuk merasakan dan menikmati keuntungannya
modal 100 rb kita bisa untung jutaan rupiah hanya dalam 1 minggu.
deposit 10 USD untung 1,5% perhari
deposit 100 USD untung 2% perhari
dan kita dapat bonus 5% untuk seiap member baru yg kita rekrut
daftar dari url sya
http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mhdadi27
atau hubungi 087892336472 / 082166643133

Posting Komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel blog kami disini....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews