Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Selamat datang di Citus MKRPL Kota Jogjakarta Unit Rumah Perkotaan di Kadipaten - Kraton

MKRPL-KOTA JOGJA

M-KRPL KOTA JOGJA adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai penyelenggara program tersebut. MKRPL diselenggarakan sebagai rintisan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional. MKRPL juga sebagai wahana belajar petani dan masyarakat untuk mendukung pembangunan pertanian kota. MKRPL Kota merupakan kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta T.A.2012, kegiatan ini dapat terwujudkan berkat kerjasama instansi terkait dan partisipasi langsung Kelompok Tani Dewasa "Kencana Asri".


TERIMA KASIH

Hidup Pemerhati Pertanian
Indonesia

Sabtu, 16 Juni 2012

SAYURAN DI HALAMAN RUMAH

Anda tentu tidak heran melihat sayuran tumbuh bagus pada lahan sawah atau daerah dataran tinggi, tetapi Anda akan kagum jika melihat tanaman sayuran dapat dibudidaya di lingkungan perkotaan.
Bila ada pernyataan demikian tentu dalam pikiran Anda akan muncul pertanyaan "Apakah sayuran bisa di tanam di kota?" jawabannya ''tentu bisa". walaupun hasilnya tidak seoptimal di lahan sawah atau dataran tinggi.  

Seperti tanaman hias, tanaman sayuran juga dapat ditanam menggunakan polybag atau pot sehingga jika kita budidayakan di halaman rumah dapat dijadikan penghias halaman, sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai sumber gizi rumah tangga. 
Budidaya sayuran sangat mudah dan relatif lebih murah dibandingkan tanaman hias, bibit atau benih juga mudah didapatkan di toko pertanian, atau kelompok pengusaha benih dan sayuran (untuk wilayah kota adalah KTD Kencana Asri dan KWT Mekar Sari).
Keterbatasan lahan  bukan merupakan penghalang bagi kita untuk menanam sayuran, tetapi justru memberikan inspirasi bagi kita untuk berkreasi bagaimana menata tanaman sayuran menjadi kebun mini yang menarik dihalaman rumah kita.  
Penanaman sayuran untuk skala rumah tangga pada lahan sempit bisa dilakukan dengan menggunakan bentuk media tanam vertikal, atau penanaman kearah atas sehingga tidak membutuhkan banyak tempat.  Media tanam vertikultur bisa dalam polybag yang ditata pada rak-rak terbuat dari bahan bambu, kayu, paralon atau besi. Media tanam juga bisa langsung ditempatkan pada pipa atau talang paralon.

Ingin mencoba bertanam sayuran?   
Silahkan anda kunjungi kebun benih M-KRPL Kota Jogja
Setiap hari Rabu di :
Kebun Bibit Kawasan (KBK) KADIPATEN
Jl. Nogosari lor Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Keraton, Yogyakarta. Kebun benih dikelola oleh Kelompok Tani Dewasa Kencana Asri. 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sayuran Kol nya cukup bagus. Selamat. Di gambar kok ada Pak Gunawan, dia kan Direktur Pembibitan Ternak. Kenapa jadi di sayuran...............

Unknown mengatakan...

Terima kasih, ya Dr. Gunawan sekarang beliau berada di BPTP Yogyakarta, Beliau team pendamping kegiatan MKRPL Kota berperan sebagai konsultan kegiatan sekaligus sebagai motivator bagi petani kooperator.

Posting Komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel blog kami disini....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews