Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Kami Mengucapkan : Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1433 Hijriyah

Selamat datang di Citus MKRPL Kota Jogjakarta Unit Rumah Perkotaan di Kadipaten - Kraton

MKRPL-KOTA JOGJA

M-KRPL KOTA JOGJA adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai penyelenggara program tersebut. MKRPL diselenggarakan sebagai rintisan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional. MKRPL juga sebagai wahana belajar petani dan masyarakat untuk mendukung pembangunan pertanian kota. MKRPL Kota merupakan kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta T.A.2012, kegiatan ini dapat terwujudkan berkat kerjasama instansi terkait dan partisipasi langsung Kelompok Tani Dewasa "Kencana Asri".


TERIMA KASIH

Hidup Pemerhati Pertanian
Indonesia

Rabu, 20 Juni 2012

PROFIL KTD KENCANA ASRI

KTD Kencana Asri merupakan kelompok tani dewasa yang beralamat di Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, berdiri pada tgl 19 Oktober 2000.
Awal berdiri KTD Kencana Asri beranggota 15 orang merupakan perwakilan dari 15 RW pada Kelurahan Kadipaten. Jumlah anggota pada saat sekarang KTD Kencana Asri berkembang menjadi 55 orang, Meskipun 70% anggotanya berusia lanjut, tetapi memiliki semangat yang tinggi tidak kalah dengan yang muda.
Anggota Kencana Asri terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu di lingkungan wilayah kelurahan kadipaten yang tertarik akan kegiatan pertanian, pengolahan hasil pertanian dan perikanan.
Pada bulan Juli 2011 KTD Kencana Asri memperoleh bantuan perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi D.I. Yogyakarta, berupa 1 terpal berukuran 6 x 8 meter dan 5000 benih lele. Bantuan perikanan tersebut oleh anggota KTD Kencana Asri diwujudkan dalam bentuk perikanan Sistem LELAKI SINTAL (lele lahan kering sistem terpal), dan pada tanggal 19 oktober 2011 berhasil melakukan panen pertama dengan hasil cukup memuaskan.
Karena dirasa memiliki prospek yang baik, perkembangan selanjutnya KTD Kencana Asri menambah lagi 2 kolam terpal masing-masing berukuran 4x6 meter dan hingga saat ini anggota kelompok telah menikmati hasil panen ikan lele sebanyak 3 kali.
Bulan Oktober 2011 KTD Kencana Asri memperoleh bantuan dari Kementerian Agama Provinsi D.I. Yogyakarta berupa 3 buah gerobak makanan dalam rangka Program Pengentasan Kemiskinan Kaum Dhuafa. Bantuan ke tiga gerobak makanan ringan tersebut hingga saat ini digunakan sebagai sarana pemasaran produk hasil olahan yang dikelola dan diisi oleh ibu-ibu anggota kelompok. Perbaikan dan pngembangan produk olahan selalu dilakukan sehingga menghasilkan berbagai pilihan makanan ringan yang berkualitas, lezat, enak dan bergizi, serta dengan harga yang relatif murah. Anda ingin pesan snack dan makanan kecil lainnya silakan datang ke salah satu gerobak kami yg berada di jl. Kadipaten kidul, jl. Sompilan timur pasar ngasem atau jl. Rotowijayan. Jangan salah pilih Gerobak kami bertuliskan "kelompok Kencana Asri" Bulan Maret 2012 KTD Kencana Asri mengikuti program kegiatan M-KRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari) dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, dan KTD Kencana Asri merupakan salah satu unit kelompok pelaksana kegiatan tersebut di wilayah Kota Jogjakarta.
Sebagai kelompok pelaksana unit Kadipaten KTD Kencana Asri mendapatkan bantuan berupa Rumah Pembibitan, dan sarana produksi berupa benih, bibit tanaman dan obat-obatan, serta mendapatkan pendampingan teknologi budidaya sayuran serta teknologi penunjang kegiatan MKRPL. Kegiatan yang telah dilaksanakan berupa budidaya sayuran. Tanaman yang sudah ditanam adalah cabe rawit, tomat, terung, kangkung, bunga kol, sawi bakso dan toga (kunyit, kencur,jahe, temulawak dan kunyit putih). Semuanya belum ada yg siap panen.
Bantuan bibit sayur sudah didistribusikan ke rumah 20 orang anggota kelompok KTD Kencana Asri dan 8 rumah warga diluar anggota kelompok yang berdomisili sekitar Kebun Bibit Kelompok (KBK). Selain bercocok tanam sayur, anggota kelompok di bawah pengawasan BPTP juga belajar membuat pupuk organik dan pestisida alami sendiri dari daun imba. Hasilnya sudah cobakan pada tanaman sayur, toga dan tanaman buah yang berada di area KBK.
Kebun Bibit Kelompok (KBK) dan kolam ikan lele KTD Kencana Asri beralamatkan di Jl. Nogosari lor KP3/2 Jogjakarta. (intanari )

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat tertarik dengan visulisasi yang ada di blog ini,.. apakah itu sayuran organik ? Dimana saya bisa memesan kubung seperti itu untuk saya tempatkan di kebun rumah kami ? berapa biaya yang diperlukan untuk membuat kubung seperti itu ?

terima kasih

Anonim mengatakan...

Halloooo

Posting Komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel blog kami disini....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews